Ciri ciri Hamil Muda pada Wanita yang Suami Harus Tau

Ciri ciri Hamil Muda pada Wanita yang Suami Harus Tau
Sebagai calon ibu alangkah baiknya jika anda wajib mengetahui ciri ciri hamil muda yang banyak di alami saat awal kehamilan :

1. Morning sickness
Ciri-ciri hamil morning sickness ini, adalah gejala paling umum yang ada pada trimester pertama. Situasi mual serta berakhir muntah wajar dialami sekitar 85 persen calon ibu saat pagi hari (kadang terjadi sehari terasa mual). Meskipun tidak jelas apa yang menyebabkan morning sickness, banyak yang yakin kalau mual serta muntah dikarenakan hormon kehamilan yang berubah, yaitu hormon HCG (human chorionic gonadotropin).

2. Ngidam tapi malas makan
Kadang anda yang sedang mengandung, akan merasakan pengen makan makanan tertentu dilain sisi juga sedang merasakan malas makan. Hal tersebut biasanya sangat berkaitan dengan ciri ciri  hamil muda, Ngidam pada ibu hamil lebih mungkin disebabkan oleh perubahan hormon. Tingginya kadar hormon saat hamil bisa mengubah persepsi ibu hamil terhadap aroma serta rasa. Hal ini mengakibatkan ibu hamil menginginkan berbagai makanan tertentu atau malah menghindari makanan tertentu. Fluktuasi hormon ini menyebabkan berlanjutnya beberapa tahap selama kehamilan.

3. Peka terhadap segala bentuk bau

Semakin tingginya indra penciuman wanita, bisa jadi bunda mengalami ciri hamil muda.
Banyak wanita yang mengakui, disaat dinyatakan hamil, indera penciuman mereka akan meningkat. Hal ini berkaitan dengan fase awal, morning sickness. Semakin banyak calon bunda yang mencium berbagai aroma, semakin gencar kondisi tubuh yang akan mengakibatkan mual serta muntah saat hamil. Tahap ini biasanya akan berakhir sehabis lewat trisemester pertama kehamilan.

4. Sering buang air kecil
Mengapa hamil muda mengakibatkan frekuensi buang air kecil menjadi sering? Begini, saat janin mulai tumbuh dalam rahim, janin akan menempati sebagian besar sekitar rahim serta menyebabkan tekanan pada kandung kemih. Posisi kandung kemih serta rahim yang posisinya bersebelahan.
Selain itu pada masa kehamilan awal, ginjal bunda akan meningkatkan fungsi pembersihan racun-racun dalam badan untuk segera dikeluarkan. Hasilnya bunda akan sering buang air kecil. Disarankan bagi yang sedang hamil muda untuk tidak mengurangi masukan cairan tubuh saat hamil saat ciri-ciri kehamilan ini.

5. Payudara bengkak
Ciri ciri hamil muda yang satu ini, akan mengakibatkan payudara bunda membesar ditambah sensitif serta sakit ketika disentuh. Mengapa payudara jadi membesar serta sakit? Perubahan hormon memengaruhi segala kondisi tubuh ibu. Pada kasus payudara saat berubah bentuk, disebabkan hormon tubuh dapat memperluas saluran susu serta menghasilkan pertumbuhan kelenjar susu yang semakin cepat. Hal ini biasanya terjadi sekitar 2-6 minggu masa kehamilan awal.

6. Bercak darah atau flek mulai muncul
Bercak darah ini muncul sebelum menstruasi yang akan datang, biasanya terjadi antara 8-10 hari sehabis terjadinya ovulasi. Bercak darah ini disebabkan oleh implantasi (implantation bleeding) yaitu menempelnya embrio pada dinding rahim. Munculnya bercak darah ketika saat kehamilan kadang disalah artikan sebagai menstruasi padahal bercak darah ini adalah salah satu ciri ciri hamil muda yang jarang disadari perempuan hamil. Semoga info kami bermanfaat

Subscribe to receive free email updates: