Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan dan Kecantikan
Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan tubuh sehat dan fresh. Salah satunya adalah tidur siang, memang tidak banyak yang bisa melaukakannya karena aktifitas atau pekerjaan kita sehari-hari. Tapi bagi yang sibuk, kalian bisa mencobanya disaat hari libur. Tidur siang selama 30 menit sudah dapat menghilangkan kelelahan yang kita alami, menyegarkan ingatan serta meningkatkan mood atau suasana hati.
Sebaliknya, kurang tidur justru akan merusak penampilan kulit kita. Kulit menjadi kekuningan, pucat dan tidak segar. Penyebabnya adalah, tubuh tidak mempunyai cukup waktu untuk melepaskan hormon-hormon pertumbuhan yang biasanya bertugas memproduksi sel baru dan mengganti sel lama. Inilah rahasianya mengapa tidur siang yang cukup dapat membuat Anda tampak lebih segar dan sehat.

Tidur siang yang baik tidak harus lama, yang penting berkualitas. Agar mendapatkan kesehatan kulit yang maksimal, tidur siang efektif dijalankan selama kurang dari 1 jam. Idealnya waktu yang dibutuhkan adalah 30 menit saja.

Walaupun tidak tampak secara langsung, tidur siang yang cukup dan tidak berlebihan juga berpengaruh terhadap kesehatan kulit kita. Hal ini dikarenakan tidur siang mampu menurunkan hormon stres kita. Dengan menurunnya tingkat stres maka pikiranpun menjadi lebih sigap dan otomatis mengurangi resiko penuaan dini pada kulit. Berikut saya akan membahas mengenai manfaat tidur siang untuk kesehatan dan kecantikan, khususnya untuk kesehatan kulit kita.

Manfaat tidur siang yang pertama adalah untuk kesehatan kulit kita, Tidur siang yang cukup mampu menjaga kesehatan kulit dan kelembaban kulit. Mengapa? saat anda mengalami stress serta lelah tapi tetap memaksakan diri, maka hal ini akan berdampak kurang baik untuk kesehatan maupun kecantikan kita, terutama kulit. Stress bisa membuat kulit kita cepat keriput. Tidur siang yang cukup akan mengurangi stress dan lelah, dengan demikian kulitmu akan tetap terjaga dan terlihat awet muda.

Manfaat yang kedua yaitu untuk daya ingat kita. Selain mejaga keremajaan kulit tidur siang juga memiliki manfaat untuk meningkatkan daya ingat kita. Memaksakan otak terus bekerja akan berdampak kurang baik untuk memori otak kita, dengan mengistirahatkan sejenak otak akan kembali lebih segar dan siap untuk bekerja kembali.

Manfaat tidur siang untuk kesehatan dan kecantikan yang ketiga yaitu bisa meningkatkan mood kita. Saat seseorang mengalami stress maka mood nya pun akan berubah juga, semangat kita menurun, mudah tersinggung, malas dan kelelahan. Hal ini tentu berdampak pada pekerjaan anda, jika anda memaksakan terus bekerja hasilnya pun akan kurang maksimal. Oleh sebab itu, tidur siang mampu untuk mengembalikan mood dan semangat anda.

Manfaat yang kelima yaitu kesehatan tubuh kita akan terjaga. Kurang tidur dapat menyebabkan kelebihan hormon kortisol dalam tubuh kita.dampak dari kelebihan kortisol dapat melemahkan sistem otot dan kekebalan tubuh. Dengan tidur yang cukup akan mencegah kelebihan hormon kortisol yang terdapat pada tubuh kita.

Agar tidur siang kita menjadi lebih efektif dan berkualitas, sebaiknya ikuti tips tidur siang berikut ini :
1. Lakukan tidur siang dengan teratur serta sesuaikan dengan jadwal kegiatan kamu. Tidur siang biasanya dilakukan setelah kita makan siang. Sesuaikan dengan waktu luang yang kita miliki agar tidak mengganggu aktifitas dan pekerjaan kita.
2. Tidurlah walau hanya sebentar. Atur alarm pada ponsel selama kurang lebih 30 menit agar kita tidak tidur melampaui waktu istirahat yang kita miliki.
3. Tidur di tempat yang gelap dan tenang atau menggunakan penutup mata akan membantu kita lebih cepat tertidur.
4. Gunakan selimut agar tubuh tetap hangat, karena pada saat tidur suhu tubuh kita akan menurun.

Namun, perlu anda ketahui juga, tidak ada sesuatu yang baik bila dikerjakan secara berlebihan begitupun dengan tidur siang. Tidur siang justru akan berdampak kurang baik untuk kesehatan jika anda terlalu lama melakukannya. Demikian manfaat tidur siang untuk kesehatan dan kecantikan, semoga bermanfaat.
Sumber : http://fullhealthbeauty.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates: