Mengenal Berbagai Jenis Sate

Mengenal Berbagai Jenis Sate
Sate merupakan jenis masakan yang cara penyajian dan pembuatannya cukup unik, yaitu dengan menusukan beberapa potongan daging pada sebuah bilah bambu yang sudah dipotong kecil-kecil seperti lidi dengan ukuran panjang tertentu biasanya sekitar 10 cm. Jika potongan daging tersebut sudah ditusukan pada lidi bambu tersebut, maka anda bisa langsung membakarnya diatas bara arang yang menyala tanpa api. Anda bisa mengolekan daging tersebut dengan kecap manis yang dicampur dengan beberapa sendok makan minyak sayur agar lebih gurih dan tidak menempel pada piranti pembakaran.

Menikmati sate lebih cocok jika bersamaan dengan bumbu halus yang terbuat dari kacang tanah serta bisa dikombinasikan dengan cabai jika anda menyukai rasa pedas, bisa juga dinikmati dengan kecap yang bercampur dengan irisan cabai dan bawang merah serta tomat. Sate sendiri dari daerah Madura yang terkenal dengan sebutan sate Madura, namun dengan perkembang dan meluasnya hidangan tersebut diberbagai daerah maka banyak orang yang mulai berkreasi baik dari bumbu pelengkap hingga jenis daging yang digunakan. Saat ini tidak hanya jenis daging dan ayam saja yang bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuat sate, ada juga yang memanfaatkan bekicot untuk diolah dan menjadi hidangan layaknya sate yang biasa kita santap.

Membuat sate bekicot tentunya harus melalui berbagai tahapan agar daging yang dihasilkan bersih dan tidak mengandung zat yang tidak merugikan tubuh. Salah satunya adalah proses pemisahan antara kotoran dengan daging yang akan digunakan, kemudian dicuci bersih serta direndam dalam air beberapa saat. Jika sudah bersih dan terbebas dari kotoran dan zat lainnya maka daging yang telah dipilih bisa langsung ditusukan dan dibakar. Apapun jenis sate yang anda sukai, hendaknya sudah melalui proses pembakaran yang baik, sehingga akan lebih sehat dan lesat ketika dikonsumsi serta tidak ada bara yang tertinggal. Jika terlalu banyak sisa pembakaran yang menempel pada sate tersebut, dikhawatirkan menumpuk didalam tubuh sehingga tidak bisa diurai dengan baik dan menyebabkan penyakit tertentu.

Subscribe to receive free email updates: