Apakah itu Akuntansi Perusahaan Dagang

Kesempatan kali ini admin ingin membahas tentang Jurusan Akuntansi di tingkat SMK pada mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang. Akuntansi perusahaan dagang mempunyai peran pada prinsipnya yaitu sebagai jembatan antara perusahaan penghasil barang dengan konsumen baik secara langsung atau tidak langsung. Perusahaan dagang mempunyai perbedaan perhitungan akuntansi dengan perusahaan jasa di mana perbedaan tersebut dapat mempengaruhi seluruh perhitungan akun perusahaan secara umum. Berikut merupakan peran dari perusahaan dagang serta hal yang membedakannya dengan perusahaan jasa.

Apakah itu Akuntansi Perusahaan Dagang

Peran perusahaan dagang
Sehabis perusahaan penghasil barang memproduksi barangnya, perusahaan dagang akan membeli barang-barang tersebut yang mengakibatkan adanya arus barang masuk pada perusahaan. Setelah itu perusahaan dagang akan memberikan uang untuk pembayaran baik pada saat transaksi maupun nanti di kemudian hari, yang mengakibatkan ada arus kas keluar perusahaan.

Perusahaan dagang kini mempunyai stok barang yang harus dijual untuk konsumen baik secara langsung maupun melalui distributor yang menjadi perantara, dengan demikian ada barang keluar dari perusahaan. Barang yang dibeli oleh konsumen dibayarkan dengan menggunakan uang yang menyebabkan adanya kas masuk ke perusahaan. Maka oleh sebab itu dalam melakukan perhitungan akutansi perusahaan dagang ada 4 hal penting adalah sebagai berikut:
• Barang masuk (pembelian)
• Kas keluar (pengeluaran)
• Barang keluar (penjualan)
• Kas masuk (pendapatan)

Perbedaan akuntansi perusahaan dagang dengan perusahaan jasa
Akuntansi perusahaan dagang mempunyai perbedaan dengan perusahaan jasa. Yang membedakan terutama yaitu aktivitas serta akun-akun yang tidak terdapat pada perusahaan jasa tetapi ada pada perusahaan dagang. Akun-akun perusahaan dagang yang tidak ada pada perusahaan jasa yaitu sebagai berikut:
1. Akun pembelian yaitu akun yang mencatat mengenai pembelian barang-barang yang masuk ke perusahaan sebelum dijual pada konsumen. Pembelian perusahaan selain pembelian barang tidak dimasukkan ke dalam akun ini.
2. Akun penjualan yang menampung semua kegiatan penjualan barang dagangan perusahaan untuk konsumen maupun perantara. Sama seperti akun pembelian, pada akun penjualan juga tidak dimasukkan penjualan perusahaan di luar penjualan barang dagangan.
3. Akun persediaan yaitu pada bagian dari akuntansi perusahaan dagang yang menyimpan data mengenai jumlah persediaan barang selama tahap periode tertentu.
4. Harga pokok penjualan atau HPP yaitu harga pokok yang dipakai untuk menentukan harga beli barang yang akan dijual pada suatu periode tertentu serta dipengaruhi oleh harga pasar.
5. Akun potongan tunai  yaitu akun yang diperuntukkan penggunaan pemberian diskon atau potongan harga yang diberikan oleh penjual kepada konsumen sebab telah membayar barang dengan tunai langsung saat transaksi dilakukan.
6. Akun potongan pembelian hampir serupa dengan akun potongan tunai, merupakan bagian dari akuntansi perusahaan dagang yang mencatat potongan harga yang diberikan oleh produsen kepada perusahaan dagang disebabkan telah membayar dengan tunai atau membayar lunas dalam jangka waktu yang ditetapkan.
7. Akun retur penjualan yaitu akun yang digunakan untuk menyimpan serta menganalisa data mengenai barang yang sudah terjual ke konsumen namun dikembalikan kepada perusahaan sebab kondisinya yang tidak baik atau cacat serta tidak sesuai dengan pemesanan.
8. Beban pemasaran yaitu beban yang digunakan untuk semua beban yang ditanggung oleh perusahaan dagang untuk menjual barang-barang persediaan hingga sampai kepada konsumen.

Nah beberapa aktivitas serta akun yang membedakan perusahaan dagang dengan perusahaan jasa dapat ditarik kesimpulan kalau pada akuntanasi perusahaan dagang lebih ditekankan pencatatan barang-barang dagangan baik yang masuk pada perusahaan serta yang keluar perusahaan atau yang terjual kepada konsumen. Pencatatan barang ini sangat penting serta menjadi pusat dari sistem akuntansi perusahaan sebab data pada akun ini sangat berdampak terhadap akun lainnya dalam perhitungan pada akuntansi perusahaan dagang.

Itulah beberapa informasi dari akuntansi perusahaan dagang yang dapat kami sampaikan. Sebenarnya bapak ibu guru terutama guru produktif jurusan akuntansi sudah pasti memahami sebab sudah tertuang dalam rpp akuntansi perusahaan dagang kurikulum 2013 smk. Semoga info kami bermanfaat

Subscribe to receive free email updates: