Membuat Keripik Talas yang Renyah serta Tidak Gatal

Membuat Keripik Talas yang Renyah serta Tidak Gatal
Perlu kita ketahui bahwa saat ini keripik talas menjadi makanan ringan sehari hari, yang mana pengolahan keripik mempunyai nilai jual lebih tinggi serta  juga bisa tahan lama sehingga cocok untuk diproduksi dalam partai besar. Jangan salah, kripik berbahan dasar mbote ini tidak hanya ditemukan di warung kecil saja namun sudah banyak di pusat jajanan oleh - oleh, sebab memang mbote mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh, salah satunya bisa memperlancar sistem pencernaan, ini akan jadi obat alami bagi anda yang mengalami susah buang air besar.

Tips bagaimana membuat keripik talas yang renyah serta  tidak gatal
Cara membuat keripik talas hampir sama seperti pembuatan kripik singkong, namun bagi yang belum berpengalaman bahkan pertama kali membuatnya, hasilnya kripik akan terasa gatal di lidah kayak mengkonsumsi nanas dalam jumlah banyak yang tidak direndam garam terlebih dahulu. Hal ini bukan berarti tidak bersih saat melakukan pengolahan, namun terdapat zat kalsium oksalat yang menimbulkan rasa gatal. Jangan berputus asa terlebih dahulu, apalagi jika anda baru saja panen dalam jumlah banyak, karena ada beberapa cara buat menghilangkan efek gatal tersebut :

Dijemur


Cara paling mudah serta  tidak membutuhkan biaya, menghilangkan kandungan zat kalsium oksalat yaitu cukup dengan jemur di bawah sinar matahari langsung. Caranya kupas mbote serta  iris tipis - tipis, kemudian jemur kurang lebih setengah hari (sekitar 5 jam) di sinar matahari terik namun cara ini menimbulkan warna biru serta  harus melakukan pengirisan cukup tipis, apalagi jika terkendala saat mendung.

Rendam pada larutan garam

Ada tips yang lebih mudah serta  cepat yaitu rendam dalam larutan garam, NaCl (garam) akan mengikat kalsium oksalat. Caranya kupas mbote terlebih dahulu serta  cuci bersih, larutkan garam wadah dengan air secukupnya. Terus rendam tanpa harus di iris tipis terlebih dahulu sekitar 30 menit, sebelum di iris tipis cuci kembali agar rasa asin tidak terlalu terasa setelah perendaman. Anda dapat membuat keripik dalam waktu singkat saja serta  dalam jumlah banyak sekaligus.

Memilih mbote yang cukup tua

Tidak semua mbote jika diolah akan memberikan efek gatal saat di konsumsi, anda harus bisa memilih dengan tepat. Umbi yang bagus di panen tidak terlalu tua namun juga tidak terlalu muda, ini terlihat dari tampilan luar. Mbote yang tua akan terasa lebih keras serta  berat, maka yang terlalu muda permukaan sedikit empuk serta  ukurannya kecil. Umbi yang sudah tua tidak akan gatal jika dikonsumsi setelah di rebus saja tanpa menambahkan garam.

Untuk menghasilkan keripik talas bertekstur bagus serta  tidak menimbulkan rasa gatal, sebaiknya lakukan beberapa cara di atas. Apalagi jika anda membuatnya pertama kali, lebih baik lakukan langkah pencegahan supaya hasilnya tidak gatal saat dikonsumsi, terlebih jika dikonsumsi langsung dengan cara di rebus ataupun dibuat keripik. Silahkan dicoba membangun usaha keripik mbote ya

Subscribe to receive free email updates: